shadow

Aceh Besar Dapat Kuota Beasiswa ADik


ACEH BESAR—Pemerintah Pusat melalui Kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi direktorat jenderal pembelajaran dan kemahasiswaan kembali membuka penerimaan mahasiswa beasiswa program Afirmasi.

Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki potensi akademik haik tetapi memiliki keterbatasan akses pendidikan tinggi.

Program Beasiswa ADik di tahun 2019 dilaksanakan dengan beberapa perubahan dari tahun sebelumya dengan tetap menjunjung semangat untuk memfasilitasi dengan lebih baik agar para siswa di seluruh Indonesia, terutama di wilayah 3T dapat memiliki kesempatan yang lebih Iuas untuk belajar di jenjang pendidikan tinggi.

Persyaratannya, pertama berasal dari daerah terdepan,terluar, tertinggal (3T), kedua memilih Perguruan Tinggi di luar provinsi asal atau domisili, dan yang ketiga siswa SMA/SMK sederajat yang telah lulus pada tahun 2018 dan siswa yang akan lulus pada tahun 2019.

Adapun jalur penerimaannya melalui pertama, Jalur SNMPTN: Peserta lulus SNMPIN, kedua Jalur SBMPTN: Peserta lulus SBNIPTN, ketiga melalui Jalur POLTEK: Peserta lulus PMDK-PN dan t INIPN, dan yang keempat melalui Jalur TES ADik : Peserta Tes ADik.

Sementara itu waktu Pendaftaran dan Tes ADik, bagi yang mendaftar melalui sistem ADik pada 29 April-30 Mei 2019, sedangkan Tes ADik pada 18 Juni 2019 bertempat di SMA 1 DARUL IMARAH

Hanya peserta yang di daftarkan oleh pemerintah daerah kabupaten.kota ke sistem adik melalui laman (https:adik.ristekdikti.go.id) yang dapat mengikuti tes Adik

Seleksi ADik
Untuk menentukan penerima program ADik. pendaftaran yang lulus jalur SNMPTN,SBMPTN,PMDK-PN dan UMPN serta peserta Tes ADik akan diseleksi oleh panitia seleksi dari unsur Belmawa dan Perguruan Tinggi.

Total kuota program ADik tahun 2019 untuk Wilayah 3T Sebesar 600 beasiswa yang akan didistribusikan kepada penerima dari 55 kabupaten/kota yang telah disepakati saat Rakor ADik di Jakarta. Dan Aceh besar merupakan kabupaten di provinsi Aceh yang di percayakan untuk mendapatkan kouta tersebut.

Untuk wilayah 3T. masing-masing kabupaten/kota mempersiapkan maksimum 40 Peserta. 

Share

Related

Komentar